GAMBARAN UMUM DESA
SEJARAH DESA
Pada Tahun 1938 Pada mulanya nama Desa ini adalah Kasumpureng, kemudian diganti dengan nama Boeloe-Boeloe yang artinya Tanete atau Onrong Matanre ( tempat yang berada di ketinggian ) yang pusat pemerintahannya di Attang salo Dusun Bulu-Bulu sekarang, maka sejak kepindahan dari Kasumpureng ke Attang Salo, maka berubalah dengan nama Bulu-Bulu. seiring dengan ejaan Bahasa yang disempurnakan Pembentukan Desa Bulu-Bulu di latar belakangi oleh penggabungan beberapa Kampung yang dipimpin oleh seorang yang disebut Sullewatang, Kepala Kampung samapi pada saat ini yakni Kepala Desa.
Adapun Sullewatang atau Arung kepala kampung sampai kepala Desa yang telah memerintah di Desa Bulu-Bulu ini, adalah sebagai berikut :
I. Petta Tappu sebagai Kepala Kampung Pertama di Kamp.Bulu-Bulu
II. Petta Eppe sebagai Kepala Kampung pertama DI Kampung Masalle
III. Untuk Kampung Kaccope Sebelum perubahan Nama menjadi Kepala Kampung dinahkodai Oleh Seorang Bernama Nenek Petta Paseng salah seorang tim perumus menghadapi Rumpanna Bone yang kemudian digantikan oleh sang perumus terbentuknya ade 7 kemudian digantikan oleh Petta tutu yang bergelar sullewatang Pertama di Kaccope yang berkedudukan di Pattiro Dekke setelah itu terbentuklah 3 Kampung di Bulu-Bulu sebelum terbentuknya Desa Bulu-Bulu untuk Kampung Kaccope di nahkodai oleh Fuang Semmaila Sebagai Kepala Kampung Pertama yang kemudian digantikan oleh Fuang Ummareng Kedua Fuang Nonci ke tiga dan Marsus ke Empat. Kampung Kaccope Kaccope Mempunyai Motto Tersendiri yakni : Mali Siparappe, Leu sipatokkong tudang nasiempai, malilu sipakainge, mabbulo sipeppa seddi siri riadduai, yang konon kata orang-orang tua dulu bila seorang mendapat kesusahan apabila dating minta perlindungan di Kaccope , maka selamatlah mereka. Selanjutnya Pada masa Kepemimpinan Marsus ,dibentuklah suatu Pemerintahan yang bernama Desa Bulu-Bulu berpusat di Attang Salo yang sekarang Dusun Bulu-Bulu dan sebagai Kepala Desa Sementara di tunjuklah Marsus, yang kemudian dicalonkan menjadi Kepala Desa oleh Arung Tonra pada saat itu dan berhasil menyaingi Rivalnya yakni Firdaus dari Kampung Masalle, Oleh Karena Marsus tidak bersedia menjadi Kepala Desa maka beliau mengundurkan diri pada Tahun 1966
IV. Andi Mallarangeng Petta Lolo sebagai Kepala Desa Pertama pada tahun 1966 - 1968
V. Andi Mappeasse Petta Puji Sebagai Pjs.Kepala Desa Thn 1969
VI. Andi Usman Tahir Petta Nai Sebagai Kepala Desa Definitif Kedua Tahun 1969 – 1993 ( Meninggal Dunia dlm masa Jabatannya )
VII. Mappeare Dg. Mappunna Sebagai Pelaksana Tugas Harian Kepala Desa Tahun 1993 – 1994
VIII. Ir. Andi Astyani Usman Petta Cenning Sebagai Kepala Desa definitive Ke Tiga Tahun 1994 – Maret 2010.
IX. Andi Idris Usman T,SE Kepala Desa Definitif ke Empat Sejak Tanggal 1 April 2010 Sampai 01 April 2016 .
X. Akhmad,SE ( SekDes Bulu-Bulu ) Penjabat Kepala Desa Tanggal 23 April S/d 30 Desember 2016
XI. Drs.H.Muh.Arif terpilih Sebagai Kepala untuk masa jabatan 2016 - 2021 dan dilantik pada Tanggal 30 Desember 2016 Sampai Sekarang.
Demografi
Demografi Atau Kependudukan Adalah Ilmu yang mempelajari dinamika Kependudukan Manuasia, Demografi meliputi Ukuran, Struktur, dan distribusi Penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, Migrasi serta penuaan (Sumber; Google.com).
Jumlah penduduk Desa Bulu-Bulu Kepadatan Penduduknya termasuk sedang jika dibandingkan dengan luas wilayah desa. Hal ini dapat dilihat dari hasil Pendataan SDD yang dilakukan pada tahun 2016, tercatat jumlah penduduk Desa Bulu-Bulu sekitar 3636 jiwa dengan perbandingan laki-laki 1788 jiwa dan perempuan sebanyak 1826 jiwa.
Penduduk Desa Bulu-Bulu merupakan salah satu aset Desa dalam pelaksanaan pembangunan. Hanya saja sumber manusianya masyarakat belum memadai karena rendahnya pendidikan, sehingga harapan untuk mengubah pola pikir masih rendah. Jumlah penduduk Desa Bulu-Bulu dapat dilihat pada table di bawah ini.
Tabel 1. Jumlah jiwa penduduk setiap dusun di
Desa Bulu-Bulu
Dusun
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
(jiwa)
|
Laki-Laki
(jiwa)
|
Perempuan
(jiwa)
|
Bulu-Bulu
|
275
|
262
|
532
|
Kaccope
|
634
|
632
|
1.266
|
Masalle
|
343
|
365
|
708
|
Bonelampe
|
226
|
251
|
477
|
Kaccope 2
|
310
|
316
|
626
|
Total
|
1.788
|
1.826
|
3.636
|
Sumber : hasil Pendataan
SDD Tahun 2016
Tabel 2. Jumlah Kepala Keluarga setiap dusun di Desa Bulu-Bulu
Dusun
|
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
(KK)
|
Laki-Laki
(KK)
|
Perempuan
(KK)
|
Bulu-Bulu
|
90
|
17
|
107
|
Kaccope
|
247
|
46
|
293
|
Masalle
|
146
|
13
|
159
|
Bonelampe
|
99
|
22
|
212
|
Kaccope 2
|
142
|
21
|
163
|
Total
|
724
|
119
|
843
|
Sumber : hasil Pendataan
SDD Tahun 2016
Tingkat pertumbuhan
penduduk tidak terlalu meningkat hanya saja tingkat perkawinan usia dini yang
masih tinggi dimana rata-rata usia perempuan menikah diusia 16 – 25 tahun yang
semestinya harus mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun demikian
angka kepadatan penduduk Desa Bulu-Bulu masih dapat ditekan, dan hal ini sudah
terbukti dengan kurangnya jumlah anak dalam setiap rumah tangga dari tiap
pasangan usia subur.Dimana setiap rumah tangga rata-rata punya anak 3 - 5 saja,
sehingga istilah banyak anak banyak rezki sudah tidak berlaku lagi, dengan
adanya alat Kontrasepsi yaitu KB dan Kondom yang tersedia dipustu secara gratis
sehingga dapat ditekan pertumbuhan anak. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada
table berikut.
Tabel 2. Jumlah Penduduk
setiap dusun di Desa Bulu-Bulu berdasarkan usia
DUSUN
|
0-4
|
5-9
|
10-14
|
15-19
|
20-24
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
BULU-BULU
|
19
|
11
|
19
|
12
|
28
|
33
|
24
|
35
|
24
|
19
|
KACCOPE
|
50
|
41
|
55
|
48
|
91
|
59
|
59
|
60
|
47
|
53
|
MASALLE
|
30
|
29
|
35
|
42
|
27
|
32
|
34
|
19
|
32
|
33
|
BONELAMPE
|
24
|
16
|
25
|
35
|
27
|
26
|
14
|
18
|
13
|
18
|
KACCOPE 2
|
28
|
36
|
37
|
23
|
27
|
34
|
28
|
28
|
25
|
21
|
TOTAL
|
151
|
133
|
171
|
160
|
200
|
184
|
159
|
160
|
141
|
144
|
Sumber : hasil Pendataan
SDD Tahun 2016
DUSUN
|
25-29
|
30-34
|
35-39
|
40-44
|
45-49
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
BULU-BULU
|
23
|
17
|
26
|
20
|
15
|
15
|
24
|
18
|
16
|
18
|
KACCOPE
|
57
|
59
|
46
|
51
|
47
|
54
|
43
|
44
|
35
|
50
|
MASALLE
|
36
|
30
|
29
|
32
|
22
|
29
|
19
|
25
|
21
|
24
|
BONELAMPE
|
15
|
21
|
20
|
20
|
21
|
22
|
16
|
15
|
16
|
10
|
KACCOPE 2
|
25
|
28
|
34
|
32
|
20
|
18
|
20
|
21
|
16
|
18
|
TOTAL
|
156
|
155
|
155
|
155
|
125
|
138
|
122
|
123
|
104
|
120
|
Sumber : hasil Pendataan
SDD Tahun 2016
DUSUN
|
50-54
|
55-59
|
60-64
|
65>
|
TOTAL
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
69
|
78
|
58
|
87
|
71
|
65
|
106
|
124
|
1.788
|
1.826
|
Sumber:
Hasil Pendataan SDD Tahun 2016
Keadaan
penduduk berdasarkan kepemilikan Kartu Keluarga dapat dilihat pada Tabel
berikut ini :
Tabel . Kepemilikan Kartu Keluarga
Dusun
|
Kepemilikan
KK
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
Total
|
BULU-BULU
|
107
|
1
|
106
|
KACCOPE
|
293
|
-
|
293
|
MASALLE
|
158
|
1
|
159
|
BONELAMPE
|
120
|
1
|
121
|
KACCOPE 2
|
151
|
11
|
162
|
Total
|
829
|
14
|
843
|
Sumber hasil Pendataan SDD Tahun 2016
Keadaan penduduk berdasarkan kepemilikan Akte Kelahiran
Penduduk dapat dilihat pada Tabel berikut ini :
Tabel
Kepemilikan akte Kelahiran Penduduk
Dusun
|
Ada
|
Tidak
ada
|
Jumlah
|
Jenis
Kelamin
|
Jenis
Kelamin
|
Jenis
Kelamin
|
Lk
|
Pr
|
Tot.
|
Lk
|
Pr
|
Tot.
|
Lk
|
Pr
|
Tot.
|
BULU-BULU
|
188
|
169
|
357
|
47
|
41
|
88
|
235
|
210
|
445
|
KACCOPE
|
385
|
350
|
735
|
205
|
250
|
455
|
590
|
600
|
1.190
|
MASALLE
|
269
|
279
|
548
|
56
|
56
|
112
|
325
|
335
|
660
|
BONELAMPE
|
125
|
132
|
257
|
119
|
127
|
146
|
244
|
259
|
503
|
KACCOPE 2
|
205
|
196
|
401
|
138
|
148
|
286
|
343
|
344
|
687
|
Total
|
1172
|
1126
|
2298
|
565
|
622
|
1187
|
1737
|
1748
|
3.485
|
Sumber
hasil Pendataan SDD Tahun 2016
Kondisi
sosial
Untuk Kondisi Sosial tingkat
pendidikan warga Desa Bulu-Bulu berdasarkan hasil Pendataan SDD Tahun 2016
Sudah memadai dibanding desa lainnya. Namun tetap membutuhkan penanganan yang
sangat serius jika pemerintah ingin memajukan pendidikan di Daerah ini. Kesadaran
orang tua bukanlah factor utama dalam menghambat pendidikan karena orang tua
tetap memberikan peluang kepada anak-anak untuk tetap bersekolah hanya saja ada
banyak faktor lain yang menyebabkan sehingga tingkat pendidikan masih rendah
seperti kurangnya tenaga pengajar yang professional (PNS), sosialisasi
pemerintah akan pentingnya pendidikan masih kurang, pada hal Sekolah Dasar (SD)
dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA ) sudah ada
di Desa Bulu-Bulu
Rata-rata kaum perempuan yang
berumur di usia lanjut agak sulit diajak berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
karena memang mereka sama sekali tidak pernah bersekolah. Berbeda dengan kaum
lelaki mereka belajar bahasa karena tuntutan hidup yang mereka jalani dimana
mereka keluar Desa untuk mencari tambahan penghasilan sehingga memaksa dia
belajar bahasa dari rekan kerjanya walaupun tidak lancar tetapi mereka memahami
kalau ditemani bicara bahasa indonesia.
Jika semua pihak bersatu untuk
memajukan pendidikan maka angka melek huruf, putus sekolah tidaklah terjadi,
tetapi ini bukan hal mudah untuk dilakukan semudah membalikkan telapak tangan.
Karena angka melek huruf yang tinggi menjadikan kemampuan ilmu dan keterampilan
warga juga rendah sehingga mereka mengolah lahan berdasarkan kemauan saja tanpa
dilandasi oleh teori sehingga mereka merasa sangat berat mereka bekerja karena
hasil yang diperoleh tidak seberapa. Dan mereka sadar bahwa dengan ilmu dan
keterampilan yang kurang sangat mempengaruhi tingkat kehidupan sehari-hari. Untuk
orang yang paham akan pentingnya pendidikan mencoba menyekolahkan anaknya
sampai ke lanjutan atas bahkan ada yang sampai ke perguruan tinggi terutama
dari kalangan orang yang mampu, meskipun harus menelan biaya yang cukup
banyak.
Melihat persoaalan atau masalah
pendidikan di Desa Bulu-Bulu ini diharapkan kesadaran dari semua pihak untuk
bersama-sama menjadikan masyarakat yang memiliki generasi yang cerdas dengan
cara memberantas akar permasalahan yang menjadi penyebab rendahnya pendidikan
di Desa ini. Disamping itu, perlu disadari bahwa kemampuan desa dalam
meningkatkan pendidikan di daerahnya sangat terbatas, olehnya itu memang
membutuhkan perhatian yang serius bagi yang bergelut didunia pendidikan, salah
satunya dengan mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan gratis, kedisiplinan dari
tenaga pengajar dalam melakukan tugas dan tanggungjawab yang diemban untuk
menciptakan generasi cerdas. Ketersedian sarana dan prasarana pendidkan yang
memadai. Untuk lebih jelasnya Keadaan social Pendidikan dapat dilihat pada
table di bawah ini.
Tabel 7. Keadaan Pendidikan
masyarakat Desa Bulu-Bulu
Status Sekolah Penduduk Usia 0-6
Tahun
DUSUN
|
STATUS SEKOLAH
|
BELUM SEKOLAH
|
TIDAK SEKOLAH
|
MASIH SEKOLAH
|
PAKET A,B,C
|
LULUS TDK LANJUT
|
DROP OUT
|
TOTAL
|
BULU-BULU
|
34
|
-
|
8
|
-
|
-
|
-
|
42
|
KACCOPE
|
90
|
-
|
40
|
-
|
-
|
-
|
130
|
MASALLE
|
71
|
-
|
21
|
-
|
-
|
-
|
92
|
BONELAMPE
|
47
|
-
|
19
|
-
|
-
|
-
|
66
|
KACCOPE 2
|
70
|
1
|
12
|
-
|
-
|
-
|
83
|
TOTAL
|
312
|
1
|
100
|
-
|
-
|
-
|
413
|